Menyamarkan Diri ala Ikan Pelagis

0
1497

Ikan pelagis juga mengembangkan pertahanan diri yang disebut sebagai kamuflase. Perairan di daerah pelagis tidak mempunyai struktur untuk berlindung sehingga terlihat secara 3 dimensi,  mekanisme penyamaran terjadi dalam 3 bentuk  yaitu tubuh yang transparan, warna yang tidak jelas dan perubahan bentuk tubuh.

Jika tubuh ikan transparan dan melayang di bawah permukaan air, maka ikan tersebut tidak akan kelihatan. Tetapi sangat jarang ikan mempunyai tubuh transparan kecuali pada ikan teri atau ikan-ikan kecil lainnya.

Penyamaran yang paling umum pada ikan pelagis adalah membentuk lunas ventralpada tubuh untuk menghilangkan bayangan menyolok pada perut hewan bila dilihat dari bawah.  Jika cahaya masuk di air,  alurnya menembus ke bawah meruncing seperti panah. Pada waktu yang sama, sebagian cahaya dipantulkan  atau dibaurkan ke segala arah oleh partikel dalam air. Cahaya yang dibaurkan ini dapat menyinari benda-benda dalam air pada berbagai penjuru, tetapi intensitasnya lebih kecil dibanding cahaya yang langsung jatuh ke permukaan.

Seekor ikan yang melayang di air mendapat hamburan cahaya paling banyak dari atas, dan cahaya yang dibaurkan menerangi dari samping dan bawah. Karena intensitas cahaya dari samping dan bawah lebih lemah, maka terbentuklah bayangan. Jika tubuh ikan melebar ke bawah, maka  bayangan akan terhapus bila dilihat dari bawah. Hal ini terjadi karena seluruh permukaan tubuh telah terpusat sehingga tidak ada daerah yang tersinari oleh cahaya baur yang tersebar.

Tanpa bayangan yang mencolok, maka ikan tidak terlihat oleh predator yang menyelam lebih dalam. Penghilangan ini akan lebih berhasil bila permukaan lunas memantulkan cahaya dengan menggunakan pigmen atau sisik putih. Itulah sebabnya ikan pelagis cenderung berwarna perak atau putih, bila tubuhnya penuh warna-warna pelangi yang “jreng” seperti halnya ikan dasar dan ikan karang, maka akan mudah dilihat oleh predator. Sedangkan warna mencolok pada ikan karang justru digunakan untuk menyamarkan dengan beragam karang yang juga penuh warna. (dok.mm)

Source: MancingMania.com

LEAVE A REPLY