Mensiasati Kondisi Kolam Pemancingan dan Ikan

0
11094

Menuju ke permasalahan ikan yang kurang makan, ada banyak faktor penyebabnya. Ada dua faktor utama yang menyebabkan menurunnya kualitas ikan mas, kondisi kolam pemancingannya serta kondisi ikan sendiri.

Informasi pun diperoleh Mancing Mania (MM) kala kunjungan ke Balai Benih Ikan (BBI) Ujung Menteng, Jakarta Timur beberapa waktu lalu demi memperoleh informasi seputar cara menangani kolam yang diperuntukkan pemancingan.

Kualitas air empang merupakan hal yang tak kalah pentingnya, untuk menentukannya ada beberapa unsur yang mempengaruhi diantaranya kandungan udara (O2) yang terlarut dalam air, PH (tingkat keasaman) serta kesadahan (kekerasan air).

Dijelaskan lebih lanjut, kandungan udara terlarut dalam air yang baik diperuntukkan untuk habitat ikan mas yakni antara 3 hingga 7 ppm. Sedangkan PH air ideal berkisar antara 6 – 7,3 dan untuk kesadahan atau kekerasan air, kisarannya antara 4 – 12 ppm. Pengukuran ini dapat dilakukan idealismenya dengan menggunakan PH Meter, DO meter dan DH meter.

Dari penjelasan tersebut, apabila ketiga unsur terpenuhi maka kondisi tersebut akan membuat ikan menjadi fit. ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mensiasati kondisi air.

Source : MancingMania.com

LEAVE A REPLY